portfolio1 blogging1 twitterfacebook

Akomodasi Perhotelan

1. VISI

MENGHASILKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERIMAN DAN BERTAQWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA SERTA PROFESIONAL DALAM BIDANG AKOMODASI PERHOTELAN YANG BERBASIS KEWIRAUSAHAAN DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN.

2. MISI

Untuk mewujudkan Visi Program Study Keahlian Akomodasi Perhotelan ditetapkan Misi sebagai berikut:
  1. Membekali peserta didik dengan iman dan taqwa, pengetahuan serta keterampilan sesuai dengan program keahlian akomodasi perhotelan.
  2. Bersama-sama mitra kerja Menyiapkan siswa menjadi SDM yang professional di bidang Akomodasi Perhotelan.
  3. Menyiapkan siswa menjadi pekerja keras dan berani menghadapi tantangan serta siap memasuki dunia kerja baik regional maupun nasional.
  4. Bertanggungiawab dalam melaksanakan tugas yang dilandasi kecakapan, kreativitas, dedikasi kejujuran, disiplin dan kearifan.

TUJUAN PROGRAM STUDI

Terwujudnya seorang yang professional di bidang industry pariwisata yang menguasai ilmu kepariwisataan/Akomodasi Perhotelan sehingga lulusan program studi ini nantinya akan bekerja di instansi pemerintahan maupun pada industri pariwisata terkait yakni :

  1. Memasuki lapangan kerja serta dapat mengembangkan sikap profesional dalam lingkup keahlian Pariwisata khususnya Akomodasi Perhotelan.
  2. Mampu memilih karir, mampu berkompetisi dan mampumengembangkan diri dalam lingkup keahlian Pariwisata,khususnya Akomodasi Perhotelan.
  3. Menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini maupun masa yang akan datang dalam lingkup keahlian Pariwisata khususnya Akomodasi Perhotelan.
  4. Menjadi warga Negara yang produktif, adaptif dan kreatif.

PROFIL LULUSAN/PELUANG KARIR

Turut membantu menyiapkan sumber daya manusia yang mampu menduduki jabatan penyelia pada pidang usaha jasa pariwisata atau instansi pariwisata pemerintah. Adapun beberapa bidang pekerjaan yang dapat dijadikan tempat bekerja antara lain :

1. Petugas Housekeeping Hotel ( Room Boy )
2. Petugas Reservasi (Reservation staff)
3. Petugas Porter ( Bell Boy/Door Man )
4. Pelayan Restoran ( Waiter/Waitress )
5. Petugas Kantor Depan Hotel (Front Office Staff )
6. Petugas Laundry (laundry Staff)    
7. Pegawai Dinas Pariwisata dan Budaya (Tourism Office Staff )
8. Lain-lain berhubungan Bidang Pariwisata (Tourism lndustry )

 

FASILITAS PENDUKUNG

  1. Ruang Praktek Perhotelan yang memadai.
  2. Alat/perlengkapan praktek yang sesuai dengan kompetensi.
  3. Tenaga pengajar yang professional di bidang Akomodasi Perhotelan

 

MATA PELAJARAN (KOMPETENSI)

Selain siswa mendapatkan mata pelajaran Normatif dan Adaftif) siswa juga akan mempelajari kompetensi (mata pelajaran Kejuruan)berhubungan dengan industry Pariwisata selama 3 tahun yang terdiri dari Kompetensi :

Dasar Kompetensi Kejuruan.

  1. Melaksanakan kerjasama dengan kolega dan pelanggan.
  2. Melaksanakan pekerjaan dalam lingkungan sosial yang berbeda.
  3. Menerapkan K3LH.
  4. Menangani situasi konflik.
  5. Memuktakhirkan informasi industry pariwisata.
 
Kompetensi Kejuruan.

  1. Melakukan komunikasi melalui telpon.
  2. Menyediakan layanan porter
  3. Memproses reservasi.
  4. Menyedikan layanan akomodasi reception.
  5. Memelihara catatan keuangan.
  6. Memproses transaksi keuangan.
  7. Melaksanakan prosedur klerikal.
  8. Membersihkan lokasi,area dan peralatan.
  9. Menyediakan layanan ruang rapat.
  10. Menyiapkan kamar untuk tamu.
  11. Menyediakan layanan housekeeping.
  12. Melayani penanganan linen dan pakaian tamu.
  13. Melayani jasa valet

 

photo gallery

dowload portal

kemdiknas

ditpsmk

jardiknas