portfolio1 blogging1 twitterfacebook

Akuntansi

VISI

MENGHASILKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERIMAN DAN BERTAQWA SERTA PROFESIONAL DALAM BIDANG AKUNTANSI YANG BERBASIS KEWIRAUSAHAAN DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

MISI

Untuk mewujudkan visi Program Akuntansi ditetapkan sebagai berikut :
  1. Membekali peserta didik dengan iman dan taqwa, pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan program keahlian Akuntansi.
  2. Bersama-sama mitra kerja menyiapkan siswa menjadi SDM yang handal dan jujur
  3. Menyiapkan siswa menjadi pekerja keras dan berani menghadapi tantangan serta siap memasuki dunia kerja baik regional maupun nasional.
  4. Menumbuhkankembangkan jiwa wirausaha peserta didik.

TUJUAN KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI

Kompetensi keahlian Akuntansi sebagai bagian dari pendidikan menengah kejuruan bertujuan menyiapkan siswa / tamatan :
  1. Menghasilkan SDM tamatan Akuntansi yang terdidik, terampil, bertanggung jawab dan berahlak mulia.
  2. Menghasilkan tamatan yang mempunyai jiwa wirausaha dan sikap profesional.
  3. Menghasilkan tamatan yang terampil di bidang Akuntansi.
  4. Menghasilkan SDM yang bersaing untuk memasuki dunia kerja di tingkat regional dan nasional.
  5. Menjadi warga Negara yang produktif, adaptif, kreatif dan inovatif.

PROFIL LULUSAN/PELUANG KARIR

Turut membantu menyiapkan sumber daya manusia yang mampu bekerja di perusahaan swasta maupun pemerintahan, antara lain:

  1. Karyawan bagian keuangan pada perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan.
  2. Tenaga administrasi perpajakan.
  3. Karyawan akuntansi pada akuntan publik
  4. Karyawan Bank swasta maupun bank pemerintah
  5. Menjadi wirausahawan.

FASILITAS PENDUKUNG

  1. Ruang Praktek Komputer Akuntansi
  2. Ruang Praktek Bank Mini

Tenaga pengajar antara lain:

NO.
Nama Pengajar
Standard Kompetensi
1.
Endah Nordiana P, S.Pd
  1. 1.Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi
2.
Mirfanudin, S.Pd
  1. 1.Menyusun Laporan Keuangan (Dagang)
3.
Rusmalian Sari, SE
  1. 1.Menyajikan laporan Harga Pokok Produk
4.
Sri Martini, S.Pd
  1. 1.Mengelola Dokumen Transaksi
  2. 2.Memproses Entri Jurnal
  3. 3.Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi
  4. 4.Menyusun Laporan Keuangan (Jasa)
5.
Budi Cynthia Dewi, SE
  1. 1.Menerapkan Prinsip Profesional Bekerja
  2. 2.Mengelola Kartu Piutang
  3. 3.Mengelola Kartu Utang
  4. 4.Mengoperasikan Paket Program Pengolah Angka/Spreadsheet
  5. 5.Memproses Dokumen Dana Kas Kecil
  6. 6.Menyiapkan Surat Pemberitahuan Pajak
6.
Dra. Turiani
  1. 1.Melaksanakan Komunikasi Bisnis
  2. 2.Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
  3. 3.Mengelola Dokumen Transaksi
  4. 4.Memproses Entri Jurnal
  5. 5.Memproses Buku Jurnal
  6. 6.Memproses Dokumen Dana Kas di Bank
  7. 7.Menyusun Laporan Keuangan (Jasa)
7.
Norhayani, SE
  1. 1.Menerapkan Prinsip profesional Bekerja
  2. 2.Dasar-dasar Perbankan
  3. 3.Mengelola Kartu Persediaan
  4. 4.Memproses Dokumen Dana Kas Kecil
  5. 5.Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi (Jasa)
  6. 6.Mengelola Kartu Aktiva Tetap


 

Pemasaran

VISI

MENGHASILKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERIMAN DAN BERTAQWA SERTA PROFESIONAL DALAM BIDANG PEMASARAN YANG BERBASIS KEWIRAUSAHAAN DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

MISI

Untuk mewujudkan visi Program Pemasaran ditetapkan sebagai berikut :

  1. Bersama-sama mitra kerja menyiapkan siswa menjadi SDM yang handal dan jujur
  2. Menyiapkan siswa agar mampu berwiraswasta dan mandiri
  3. Menyiapkan siswa memiliki jiwa salesmenship
  4. Menyiapkan siswa menjadi pekerja keras dan berani menghadapi tantangan

Tujuan Kompetensi Keahlian Pemasaran

Kompetensi keahlian pemasaran sebagai bagian dari pendidikan menengah kejuruan bertujuan menyiapkan siswa / tamatan :

  1. Memasuki lapangan kerta serta dapat mengembangkan sikap professional dalam lingkup pekerjaan ; kasir, pramuniaga, customer service, pergudangan, staf penjualan, pengusaha muda / wirausaha.
  2. Mampu memilih karier, mampu berkompetensi dan mampu mengembangkan diri dalam bekerja
  3. Menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan industry pada perusahaan swasta, pertokoan, pelaksana pemasaran dan wirausaha
  4. Menjadi warga Negara yang produktif, adaftif, kreatif dan inovatif
Profil Lulusan
  1. Kasir
  2. Pramuniaga
  3. Customer service
  4. Pergudangan
  5. Staf penjualan
  6. Pengusaha muda / wirausaha

 

Fasilitas Pendukung

  1. Tenaga pengajar yang profesioanal di bidang Pemasaran:
  2. No
    Nama Pengajar
    Standart Kompetensi
    1
    Hj. Siti aisyah, s.sos
    1. 1
    2.     Dispaly
    2
    Rusmalian Sari, SE
    1. 1.Melakukan pemasaran barang & jasa
    2. 2.Proposal dan [presentasi
    3
    Norma Olfah, S.Pd
    1. 1.Mengoperasikan peralatan transaksi
    2. 2.Salesmanship
    3. 3.Praktek peralatan
    4. 4.Melaksanakan proses adm . transaksi
    4
    Hj. Maspiati, S.Pd
    1. 1.Menata produk
    2. 2.Melakukan penyerahan produk
    3. 3.Membuka usaha eceran / ritel
    4. 4.Konfirmasi keputusan pelanggan
    5
    Sri Martini, S.Pd
    1. 1.Melaksanakan proses adm . transaksi
    6
    Mirfanudin, S.pd
    1. 1.Melaksanakan proses adm . transaksi
    7
    Mega Yulia, S.Kom
    1. 1.Komputer Penjualan
    8
    Rezeky ariani, S. Ab
    1. 1.Menerapkan prinsip professional bekerja
    2. 2.Melaksanakan komunikasi bisnis
    3. 3.Melaksanakan pelayanan prima
    4. 4.Memahami prinsip-prinsip bisnis
    9
    Noviana, SE
    1. 1.Menerapkan K3LH
    2. 2.Melaksanakan negosiasi
    3. 3.Melaksanakan penagihan pembayaran
    4. 4.Menemukan peluang baru
  3. Ruang praktek Pemasaran yang memadai
  4. Alat / perlengkapan praktek yang sesuai dengan kompetensi

Usaha Perjalanan Wisata

 

VISI

Menghasilkan sumber daya manusia Pariwisata yang professional dalam berpikir yang berorientasi bisnis dan masa depan, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berperilaku yang dilandasi dengan keramahtamahan, menghargai sesama manusia , bersikap sesuai dengan etika bangsa dan Negara, gagasan dan kreativitas yang dapat menunjang perkembangan kepariwisataan serta pembangunan Nasional.

MISI

  1. Untuk mewujudkan Visi Program Studi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata ditetapkan Misi sebagai berikut :
  2. Mempersiapkan tenaga professional di bidang Industri Pariwisata
  3. Berbudi luhur, berkepribadian dan berwawasan kebangsaan Indonesia
  4. Bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang dilandasi kecakapan, kreativitas, dedikasi, kejujuran, disiplin, dan kearifan
  5. Berpikir jauh kedepan dan tanggap dalam menghadapi perubahan zaman
  6. Berpartisipasi aktif dalam menjaga lingkungan hidup

 

TUJUAN PROGRAM STUDI

  1. Terwujudnya seorang yang professional di bidang industry pariwisata yang menguasai ilmu kepariwisataan  / usaha perjalanan wisata sehingga lulusan program studi ini nantinya akan bekerja di instansi pemerintahan maupun pada industry  pariwisata terkait yakni :
  2. Memasuki lapangan kerja serta dapat mengembangkan sikap professional dalam lingkup keahlian pariwisata khususnya Usaha Perjalanan Wisata
  3. Mampu memilih karir, mampuberkompetensi dan mampu mengembangkan diri dalam lingkup keahlian Pariwisata, khususnya Usaha Perjalanan Wisata
  4. Menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan industry pada saat ini maupun masa yang akan datang dalam lingkup keahlian Pariwisata khususnya Usaha Perjalanan Wisata
  5. Menjadi warga Negara yang produktif, adaptif dan kreatif

 

PROFIL LULUSAN / PELUANG KARIR

Turut membantu menyiapkan sumber daya manusia yang mampu menduduki jabatan penyelia pada bidang usaha jasa pariwisata atau instansi  pariwisata pemerintah, adapun beberapa bidang pekerjaan yang dapat dijadikan tempat bekerja antara lain :

  1. Pemandu wisata muda ( Tour Guide )
  2. Petugas reservasi ( Reservation staff )
  3. Petugas tiket ( Airline Ticketing staff )
  4. Pengatur perjalanan  ( Tour Leader )
  5. Petugas informasi bandara ( Tourism information staff )
  6. Pegawai Dinas Pariwisata dan Budaya ( Tourism Office staff )
  7. Petugas perencana perjalanan wisata ( Tour operation staff )
  8. Pegawai kantor imigrasi ( Immigration Office staff )
  9. Petugas Kantor Depan Hotel ( Front office staff )
  10. Petugas Penterjemah Bahasa ( Translater/ interpreter )
  11. Lain- lain berhubungan bidang pariwisata ( Tourism Industry )

FASILITAS PENDUKUNG

Tenaga Pendidik

Tenaga pendidik untuk kompetensi produktif  terdiri dari 3 orang yang berlatar belakang pendidikan jurusan Pariwisata yang telah memiliki sertifikat sebagai assessor serta 2 orang yang telah mengikuti Diklat Dasar Pariwisata. Berikut ini data tenaga pendidik dan spesialisasi kompetensi yang diajarkan untuk kompetensi produktif :

No
Nama
Latar Belakang Pendidikan
Kompetensi yang Diajarkan
1.
Tri Mulyono,S.Pd,S.ST.Par, M.M
1.   STP Bandung
2.   Unmer Malang
3.   STIE Indonesia
1.      Tour Planning
2.      Bahasa Jepang
2.
Katino, S.Pd
1.  STP Bandung
2.  Uniska Banjarmasin
1.      Tour Guiding
2.      Reservasi
 
3.
Ustaniah,S.Pd
1.  STP Bandung
2.  Uniska Banjarmasin
1.      International Ticketing
2.      Travel Document
4.
Megawati,S.Pd
1.  Unlam Banjarmasin
2.  Diklat UPW
Kompetensi Dasar Pariwisata
5.
Vidia Husna F, S.S.T.Par
1.  Akparnas Banjarmasin
2.  Unmer Malang
Kompetensi Dasar Pariwisata

 

Fasilitas Praktek Siswa
 
Untuk mendukung kegiatan belajar siswa khususnya untuk materi praktek, program keahlian UPW dilengkapi dengan :

  1. Ruang Mini Travel
  2. Ruang CRS ( Computerised Reservation System )
  3. OAG dan Air Tarriff

 

 

1.      VISI

Menghasilkan sumber daya manusia Pariwisata yang professional dalam berpikir yang berorientasi bisnis dan masa depan, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berperilaku yang dilandasi dengan keramahtamahan, menghargai sesama manusia , bersikap sesuai dengan etika bangsa dan Negara, gagasan dan kreativitas yang dapat menunjang perkembangan kepariwisataan serta pembangunan Nasional.

 

2.      MISI

Untuk mewujudkan Visi Program Studi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata ditetapkan Misi sebagai berikut :

1)      Mempersiapkan tenaga professional di bidang Industri Pariwisata

2)      Berbudi luhur, berkepribadian dan berwawasan kebangsaan Indonesia

3)      Bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang dilandasi kecakapan, kreativitas, dedikasi, kejujuran, disiplin, dan kearifan

4)      Berpikir jauh kedepan dan tanggap dalam menghadapi perubahan zaman

5)      Berpartisipasi aktif dalam menjaga lingkungan hidup

Administrasi Perkantoran

1. VISI

Menghasilkan sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta profesional dalam bidang Administrasi Perkantoran yang berbasis kewirausahaan serta berwawasan lingkungan.

2. MISI

Untuk mewujudkan Visi Program Study Keahlian Administrasi Perkantoran tetapkan Misi sebagai berikut:

  1. Membekali peserta didik dengan iman dan takwa, pengetahuan serta keterampilan sesuai dengan program keahlian Administrasi Perkantoran.
  2. Bersama-sama mitra kerja menyiapkan siswa menjadi SDM yang professional di bidang Administrasi Perkantoran.
  3. Membekali siswa dengan sikap kerja keras dan berani menghadapi tantangan untuk bersaing di dunia kerja baik nasional maupun regional.
  4. Menumbuhkembangkan jiwa wira usaha.

3. TUJUAN PROGRAM STUDI

Terwujudnya seorang yang professional di bidang Administrasi sehingga lulusan program studi ini nantinya akan bekerja di instansi pemerintahan maupun pada instansi swasta terkait, yakni :

  1. Menghasilkan SDM yang berakhlak mulia, terdidik , terampil dan bertanggungjawab.
  2. Menghasilkan tamatan yang bersikap profesional dan berjiwa wirausaha.
  3. Terampil di bidang Administrasi.
  4. Siap bersaing di dunia kerja baik tingkat regional dan nasional.
  5. Menjadi warga Negara yang adaptif, kreatif dan produktif.

4. PROFIL LULUSAN/PELUANG KARIR

Sumber Daya Manusia yang terampil yang mampu bekerja di instansi pemerintah maupun swasta, antara lain:
  1. Petugas resepsionis (Receptionist).
  2. Petugas konseptor surat (Conceptor).
  3. Petugas arsip (Archivist).
  4. Petugas ketik (Typist ).
  5. Petugas Penggandaan dokumen (Duplicatist ).
  6. Agendaris.
  7. Kegiatan lain yang berhubungan dengan Administrasi.
5. FASILITAS PENDUKUNG
  1. Tenaga pengajar yang professional di bidang Administrasi Perkantoran.
  2. Ruang Praktek Administrasi perkantoran yang memadai.
  3. Alat/perlengkapan praktek yang sesuai dengan kompetensi.

Akomodasi Perhotelan

1. VISI

MENGHASILKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERIMAN DAN BERTAQWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA SERTA PROFESIONAL DALAM BIDANG AKOMODASI PERHOTELAN YANG BERBASIS KEWIRAUSAHAAN DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN.

2. MISI

Untuk mewujudkan Visi Program Study Keahlian Akomodasi Perhotelan ditetapkan Misi sebagai berikut:
  1. Membekali peserta didik dengan iman dan taqwa, pengetahuan serta keterampilan sesuai dengan program keahlian akomodasi perhotelan.
  2. Bersama-sama mitra kerja Menyiapkan siswa menjadi SDM yang professional di bidang Akomodasi Perhotelan.
  3. Menyiapkan siswa menjadi pekerja keras dan berani menghadapi tantangan serta siap memasuki dunia kerja baik regional maupun nasional.
  4. Bertanggungiawab dalam melaksanakan tugas yang dilandasi kecakapan, kreativitas, dedikasi kejujuran, disiplin dan kearifan.

TUJUAN PROGRAM STUDI

Terwujudnya seorang yang professional di bidang industry pariwisata yang menguasai ilmu kepariwisataan/Akomodasi Perhotelan sehingga lulusan program studi ini nantinya akan bekerja di instansi pemerintahan maupun pada industri pariwisata terkait yakni :

  1. Memasuki lapangan kerja serta dapat mengembangkan sikap profesional dalam lingkup keahlian Pariwisata khususnya Akomodasi Perhotelan.
  2. Mampu memilih karir, mampu berkompetisi dan mampumengembangkan diri dalam lingkup keahlian Pariwisata,khususnya Akomodasi Perhotelan.
  3. Menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini maupun masa yang akan datang dalam lingkup keahlian Pariwisata khususnya Akomodasi Perhotelan.
  4. Menjadi warga Negara yang produktif, adaptif dan kreatif.

PROFIL LULUSAN/PELUANG KARIR

Turut membantu menyiapkan sumber daya manusia yang mampu menduduki jabatan penyelia pada pidang usaha jasa pariwisata atau instansi pariwisata pemerintah. Adapun beberapa bidang pekerjaan yang dapat dijadikan tempat bekerja antara lain :

1. Petugas Housekeeping Hotel ( Room Boy )
2. Petugas Reservasi (Reservation staff)
3. Petugas Porter ( Bell Boy/Door Man )
4. Pelayan Restoran ( Waiter/Waitress )
5. Petugas Kantor Depan Hotel (Front Office Staff )
6. Petugas Laundry (laundry Staff)    
7. Pegawai Dinas Pariwisata dan Budaya (Tourism Office Staff )
8. Lain-lain berhubungan Bidang Pariwisata (Tourism lndustry )

 

FASILITAS PENDUKUNG

  1. Ruang Praktek Perhotelan yang memadai.
  2. Alat/perlengkapan praktek yang sesuai dengan kompetensi.
  3. Tenaga pengajar yang professional di bidang Akomodasi Perhotelan

 

MATA PELAJARAN (KOMPETENSI)

Selain siswa mendapatkan mata pelajaran Normatif dan Adaftif) siswa juga akan mempelajari kompetensi (mata pelajaran Kejuruan)berhubungan dengan industry Pariwisata selama 3 tahun yang terdiri dari Kompetensi :

Dasar Kompetensi Kejuruan.

  1. Melaksanakan kerjasama dengan kolega dan pelanggan.
  2. Melaksanakan pekerjaan dalam lingkungan sosial yang berbeda.
  3. Menerapkan K3LH.
  4. Menangani situasi konflik.
  5. Memuktakhirkan informasi industry pariwisata.
 
Kompetensi Kejuruan.

  1. Melakukan komunikasi melalui telpon.
  2. Menyediakan layanan porter
  3. Memproses reservasi.
  4. Menyedikan layanan akomodasi reception.
  5. Memelihara catatan keuangan.
  6. Memproses transaksi keuangan.
  7. Melaksanakan prosedur klerikal.
  8. Membersihkan lokasi,area dan peralatan.
  9. Menyediakan layanan ruang rapat.
  10. Menyiapkan kamar untuk tamu.
  11. Menyediakan layanan housekeeping.
  12. Melayani penanganan linen dan pakaian tamu.
  13. Melayani jasa valet

 

photo gallery

dowload portal

kemdiknas

ditpsmk

jardiknas